ads

Keutamaan Dan Manfaat Sholat Dhuha Dengan Istiqomah

http://cakwafaae.blogspot.com
Gambar: menunaikan ibadah sholat.
Deruankalbu |Sholat dhuha ialah sholat yang dikerjakan pada saat naiknya matahari setinggi tombak sampai waktu tergelincirny ( zawal) menjelang waktu dhuhur.

Untuk jumlah raakaat dalam sholat dhuha minimal dua rakaat, boleh empat rokaat. Namun yang lebih utama dari keduanya yaitu berupa delapan rokaat.

Surah Yang Disunnahkan Dan Di Anjurkan dibaca:

Surah yang disunnahkan dibaca ialah pertama  ( والشمس ) sedangkan pada rakaat kedua ialah surah ( والضحي ) untuk rakaat berikutnya setiap rakaat pertama membaca surah (  الكافرون ) sedangkan pada rokaat kedu membaca surah ( الاخلاص )

Sholat sunnah dalam bahasa arabnya al-nafl dengan pengertian secara bahasa yakni tambahan, sedangkan menurut istilah fiqih adalah shalat yang dianjurkan untuk dikerjakan dan boleh ditinggalkan.

Fungsi dari sholat sunnah ialah sebagai penyempurna kekurangan yang terdapat dalam sholat fardlu.


Hadist Nabi yang berisi anjuran untuk menunaikan ibadah shalat dhuha:

"Barang siapa yang keluar menuju sholat dhuha, dan tidak ada yang membuatnya capek kecuali sholat itu, maka pahalanya laksana melakukan umrah." (Hr. Abu Dawud)

"Rasulullah mewasiatkan kepadaku 3 perkara: puasa 3hari setiap bulan, 2 rakaat setelah dhuha, dan sholat witir sebelum tidur." (Hr. Bukhori Muslim)

Selain anjuran-anjuran diatas, sholat dhuha juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat kelak.

Bagaimana nabi menganjurkan jika tidak ada manfaat dan keutamaannya pada ummat, Salah satu dari manfaat sholat dhuha ialah:

Sholat dhuha memiliki banyak manfaat selain untuk ruhaniyah juga berfungsi untuk kesehatan seperti contoh:

Ketika melakukan gerakan mulai dari gerakan takbir sudah tanpa disadari melakukan olahraga, manfaat sholat dhuha untuk ruhaniyah.

1. Mentenangkan jiwa.
Seseorang yang melaksanakan sholat dhuha akan mendapatkan ketenangan dan hati yang tentram, dalam arti sekalipun banyak masalah kita bisa lebih tenang dalam menjalinya.

2. Dijauhkan dari strees.
Melaksanakan sholat dhuha akan menjaga fikiran selalu tetap setabil dan memiliki solusi dalam mengambil tindakan, sekalipun tidak begitu memuaskan, namun dari kita sudah mendapat solusi itulah adanya manfaat dari sholat dhuha.

Manfaat lain dari sholat dhuha banyak sekali, selain untuk membersihkan wajah setiap hari, juga anjuran kita sellu menjaga kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman, yang menjadi ciri khas muslim yang bertaqwa dan beriman.

Setelah kita tau tentang beberapa manfaat sholat dhuha kita belajar lagi mengetahui tentang keutamaan sholat dhuha' karena apa? Khususnya untuk memantapkan hati dan kekhusu'an kita pada waktu melakukannya.

Dibawah ini beberpa keutamaan melakukan sholat dhuha.

Hadist nabi muhammad saw yang diriwayatkan oleh Abu dzar :
يصبح علي كل سلامي  من احدكم صدقة وكل تسبيحة صدقة وكل تحميدة صدقة وكل تهليلة صدقة وكل تكبيرة صدقة وامر بالمعروف صدقة  ونهي عن المنكر  صدقة ويجزي ء من ذلك ركعتان يركعهما من الضحي
Pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian antara kalian semua untuk melakukan sedekah, setiap bacaan tasbiih bisa  sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil bisa sedeka, setiap bacaan takbir bisa sedekah, menyeru untuk kebaikan bisa sebagai sedekah, melarang perkara mungkar adalah sedekah, ini semua bisa dicukupi dengan sholat dhuha 2 rakaat.( HR. Muslim )

Sebagai mana hadis lain yang menjelaskan tentang banyaknya persendian manusia keturunan adam ialah sebanyak 360, namun 360 persendian ini yang dianjurkan bersodaqoh ialah dapat digantikan dengan hanya shalat dhuha 2 rakaat.

Sholat dhuha juga memang memiliki banyak keutamaan diterangkan dalam hadist juga, orang yang melakukan sholat dhuha akan dijauhkan dari dosa selama sehari, jika berbuat dosa maka akan diampuni.

Sebagian lagi menyebutkan orang yang mengerjakan sholat dhuha maka persoalannya akan dimudahkan sebagaimana kandungan teksnya, awalilah pekerjaanmu maka dalam sehari akan diberi kelancaraan oleh allah swt.

Semoga kita semua dapat meningkatkan amal amaliyah yang sangat dianjurkan ini dan sekaligus memiliki banyak menfaat dan keutamaan.

Bagi sahabat yang ingin share dipersilahkan agar sama sama mengerti tentang keutamaan sholat dhuha', lebih banyak yang mengamalkan maka lebih banyak pula pahala yang didapatkan. Aamiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.