ads

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Seiring dengan bertambahnya umur, banyak sekali hal yang tidak di sangka yang terjadi pada anggota tubuh kita, seperti kesehatan anggota tubuh dan panca indra yang amat berharga, kenpa hal itu banyak terjadi pada tahap usia lanjut?

http://deruankalbu.blogspot.com
Gambar Seorang Bola Mata Yang Tampak Jrrnih dan Hitam Mengkilau

Jawab: Pastinya dimasa mudanya kurang memperhatikan kesehatan bagi tubuhnya, bekerja terus sampai tidak mengenal waktu untuk beristirhat.

Bahkan tidak hanya itu sekarang dunia semakin canggih banyak hal yang bisa merugikan bagi tubuh kita, khususnya nanti saat usia sudah bertambah.

Hal itu Terlihat dari beberapa makanan, media elektronik, dan lainnya. Kenapa dibilang begitu? Sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri, kita harus memiliki kesadaran yang penuh untuk persiapan masa yang akan datang, yakni dimasa usia lanjut.

Secara tidak langsung saya menyinggung tentang bagaimana (Menjaga dan Merawat Merwat Mata Agar Tetap Sehat) pada usia dini dan nanti pada usia lanjut.

Karena tubuh adalah nikmat dari tuhan yang paling berharga. Jadi untuk mensyukuri apa yang diberikan oleh tuhan, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga dan merawat pemberiannya.


Yang paling berharga bagi kita dari sekian panca indra ialah Mata, mata adalah sebagian dari panca indra yang lima yang sangat penting.

Jika mata tidak dijaga mulai sejak usia dini maka akan dipastikan saat usia lanjut mata tambah berkurang akomodasinya.


Ini beberapa tips menjaga mata.
Pertama kita harus tau apa penyebab penyakit yang diderita mata, banyak sekali pastinya kan? Namun saya akan menyebutkan poin-poinnya saja agar anda lebih berhati-hati dan punya keinginan merawat Matanya Agar Tetap Sehat.

1. Membaca ditempat yang redup.

Banyak yang telah menerangkan mengenai kenapa tidak dianjurkan dan dilarang membaca di tempat yang redup. Paling tidak kita memang harus menghindari kebiasaan ini. Contoh: Membenahi tempat belajar atau bekerja, dengan memberikan lampu yang terang.


2 membaca dengan jarak yang terlalu dekat.

Membaca dengan jarak dekat dapat menjadi awal dari terganggunya kesehatan mata, untuk itu perlu dihindari lebiasaan membaca dengan jarak terlalu dekat.


3 terlalu lama layar menatap monitor dan handphon.


Apalagi zaman Now ini iya, keseharian sudah disibukkan dengan monitor, baik laptop, handphone. Mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk semacam itu, berikan waktu istrahat pada mata dan mencari pemandangan hijau, ini akan membantu kondisi mata yang lelah.


4 mengucek mata saat terkena debu, dan lainnya secara kasar dan sembarangan.


Saat Mata kejatuhan benda ataupun apa saja, jangan mudah untuk dikocek dengan keras. Karena hal semacam ini akan berdampak negatif terhadap kesehatan mata.


5 kurangnya vitamin yang diserap mata.
Untuk menjaga kesehatan mata, sahabat perlu juga untuk mengkonsumsi buah atau sayuran agar mata dapat menerima Vitamin dengan cukup. Semisal: Wortel.

Keterangan:


Hal pokok yang kerap kali terjadi dan dilalaikan oleh banyak orang, membaca ditempat yang redup sangat beresiko pada mata hal itu terjadi karena kurangnya cahaya yang masuk pada mata hingga membuat mata terasa lelah.


Membaca dengan jarak yang sangat dekat  akan membuat mata tegang dan sulit untuk menyesuaikannya.


Jadi dari beberpa inti sebenarnya bukan masalah membaca ditempat yang redup maupun terang, tetapi kesuaian mata pada objeknya sulit di tempuh. Hingga membuat mata terasa sakit dan kepala pusing. Selanjutnya yakni cara merawatnya, ada beberapa cara untuk merawat mata agar sehat. Salah satunya yakni sebagai berikut.


Tips merawat mata agar kelihatan bening dan sehat.


Cara merawat mata banyak sekali sebenarny hanya saja saya akan menguraikan beberpa yang mudah diterapkan dan mudah didapat.

1. Banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A, seperti tomat, wortel, alpukat dan pepaya.

2. Mengkonsumsi sayuran hijau tua, seperti brokoli, bayam dll. Yang mengandung lutein dan zeaxanthin.

3. Mengkonsumsi asam lemak omega - 3. Seperti ikan salmon, halibut dan tuna.

4. Banyak mengkonsumsi antioksidan seperti buah jeruk, berry dll.

Diatas ini adalah cara untuk merawat mata, bahkan yang lain banyak sekali seperti saat terkena debu jangan dikucek terlalu keras usahakan memakai air bersih agar debunya terbawa.


Kembali ke pembahasan yang pertama dampak yang menimbulkan iritasi terhadap mata, jadi tips yang kedua adalah kebalikannya. Maka dari itu sangat mudah sekali dan tak perlu di tulis ulang.


Jadi tidak perlu bingung, yang terpenting adalah kasih waktu untuk mata beristirahat, yang mana istrahat tidak hanya tidur tetapi melihat keluar rumah memandang dedaunan yang hijau juga akan mengurangi ketegangan pada mata yang lelah. Semoga bermanfaat.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.