ads

Biografi Imam Al Ghozali Serta Karyanya ( Singkat)

Deruankalbu| Imam Al Ghazali adalah ulama yang tidak asing lagi bagi kaum muslim diseluruh dunia.
http://deruankalbu.blogspot.com
Gambar Ilustration

Nama lengkapnya Imam Al-Ghazali  ialah Muhammad bin Ahmad Al-Imamul Jalil Abu Hamid Ath Thusi Al-Ghazali,  lahir di Thusi daerah Khurasan wilayah Persia pada  tahun 450 H /1058 M. 


Beliau dilahirkan dari keluarga yang sederhana, Ayahnya bekerja sebagai pemental benang, dengan kehidupan yang biasa-biasa ternyata ayah Al-Ghazali tidak orang yang biasa-biasa dalam ilmunya, beliau dalah seorang yang Alim ilmu Tasawwuf.

Maka tidak heran lagi dengan kepintaran dan kecerdasan,yang dimiliki oleh imam Al -Ghazali. Sehingga dapat dipastikan Imam Al Ghazali  sebelum merantau mencari ilmu, sudah memahami dan memiliki bekal keilmuwan dari orang tuanya.

Sebelum Ayahnya meninggal Al Ghazali dititipkan ke teman ayahnya yang saat itu dipercaya bahwa temannya adalah orang yang bisa menjaga putranya Al-Ghazali. 

Yang dari situlah imam Al Ghazali mulai belajar, dan menekuninya. pada akhirnya setelah keuangan yang ditipkan ayahnya hampir habis Al Ghazali dan kakaknya Ahmad Al Ghazali di sekolahkan di Madrasah Nidzomiyah, Bahgdad, iran.

Dengan kecerdasannya Al Ghazali secara cepat, dapat memahami beberapa ilmu, salah satunya ialah ilmu logika, ilmu, tasawuf.

Setelah itu Al Ghazali melanjutkan studinya ke negara Jurjan, beliau belajar kepada Al-Imam Abi Nashr Al-isma'ili, Nashr Al-isma'ili, Kemudian Al-Ghazali melanjutkan studinya ke Kota Naysabur untuk menimba ilmu kepada Al-Imam Al-Haromain Mufti Kota Mekkah dan Madinah.

Setelah wafatnya imam Al haramain Imam Al Ghazali menemui menteri Nidhom al Mulk. Pada saat itu memiliki persoalan yang rumit yakni beberapa ahli ilmu tidak menyukainya, namun dengan keutamaan dan keilmuwannya. Al Ghazali terbukti dan dapat menyelesaikan persoalannya.

Setelah itu Al Ghazali, kembali ke Nidhomiyah dan mengajar disana, dengan kecerdasan dan keilmuwannya, Al Ghazali disanjung-sanjung oleh masyarakatnya.

Karya-karya Imam Al Ghazali
Al Ghazali merupakan penulis aktif baik dalam konteks Ushuluddin,Tasawuf, Logika, maupun fiqh, dan Ushul fiqh. Salah satu karyanya ialah:


Karangan kitab Al-Imam Al-Ghazali:

1. Ihya' Ulumuddin
2. Al-Munqid Mina Ad-Dholal
3. Al-Iqtisod Fi Al-I'tiqod
4. Mizan Al-Amal
5. Fadhoih Al-Bathiniyah
6. Al-Qistos Al-Mustaqim
7. Faishol At-Tafarruq Bayna Al-islam Wa Az-Zindiqoh
8. Tahafut Al-Falasifah
9. Mi'yar Al-'ilm
10. Al-Maqshod Al-Asna Fi Syarh Asma'ul husna
11. Al-bhasith
12. Al-Wasith
13. Al-Wajiz
14. Al-Mustashfa
15. Al-Mankhul
16. Kimiya As-Sa'adah
17. Jawahir Al-Qur'an
18. Yaqut Atta'wil Fi tafsir Attanzil
19. Minhaj Al-'Abidin
20. Al-Arba'in Fi usuluddin
21. Maskatul Anwar
22. Ad-duror Al-fakhiroh Fi Kasfi 'ulum Al-akhiroh
23. 'Iljam Al-Awam 'an 'ilmi Al-Kalam
24. Bidayah Al-Hidayah dan lainnya.


Wafatnya Imam Al Ghazali
Setelah menempuh perjalanan yang amat panjang untuk menggali keilmuwan dan syiar. Al Ghazali Kemudian melanjutkan ke Khurosan dan mengajar di Madrasah Nidzomiyah Naysaburi.


Di masa yang sebentar setelah Al-Ghazali mengajar di Madrasah Nidzomiyah akhirnya kembali ke negeri kelahirannya yaitu Ath-Thusi dan belajar dari beberapa Ulama' Fiqih.

Beliau juga selalu menjaga waktunya untuk menghatamkan Al-Qur'an dan selalu berpuasa dan Istiqomah dalam semua bentuk ibadahnya.

Imam Al-Ghazali wafat di negeri kelahirannya Ath-Thusi pada hari senin 14 Jumadil Akhir pada tahun 505 H. dan dimakamkan di Pemakaman Ath-Thobron.

Itulan yang dapat kami simpulkan apabila ada kekeliruan kami memohon masukan dan kritikannya untuk dilengkapi dan isikan dikomentar maupun kontak yang ada. Semoga bermanfaat. Amiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.