ads

Perlu Dibaca Bahaya Minum Berdiri Dalam Islam

http://deruankalbu.blogspot.com
Bahaya Minum Berdiri Dalam Islam
Deruankalbu|Terkadang banyak diantara kita, melalaikan akan anjuran-anjuran dalam islam. Semisal BAB menghadap qiblat, minum sambil berdiri dan lainnya.

Pernah sahabat teliti dan difikir secara mendasar kenapa kebiasaan yang semacam itu tidak baik untuk dilakukan dan perlu untuk dihindari.

Ternyata belakangan ini larangan nabi terbukti selain karena untuk menambah nilai ibadah ahli medis kedokteran menemukan hasil penelitian baru mengenai bahaya minum berdiri.

Temuan itu mengungkap bahwa minum sambil berdiri akan membuat kinerja lambung tidak normal, lebih berbahaya lagi lambung bisa disfungsi

Karena minum sambil berdiri, makanan yang sahabat telan akan langsung jatuh dan membentur keras pada lambung yang hal ini akan berakibat fatal jika sering terjadi.

Larangan Nabi Minum Sambil Berdiri dalam hadist sebagai berikut:

عن انس عن النبي صلي الله عليه وسلم انه نهي ان يشرب الرجل قائما


Artinya:  diriwayatkan oleh Anas dari Nabi Muhammad saw. "Sesungguhnya nabi melarang minum dalam keadaan duduk"

عن ابي سعيد الخدري  ان النبي صلي الله عليه وسلم زجز  عن الشرب قائما

Artinya: diriwayatkan oleh Abi sai'id Al khudri bahwasannya nabi muhammad saw, melarang minum sambil berdiri.

Selain itu menurut dokter dalam tubuh manusia terdapat penyaring ( jaringan filter ) struktur maskuler yang disebut sfringer. yang bisa terbuka dan tertutup. 

Yang berfungsi menyaring air atau makanan yang masuk pada tubuh, maka jika saat meminum air sambil berdiri filter tersebut dalam keadaan tertutup, dan ketika duduk filter tersebut dalam keadaan terbuka.

Oleh karena itu air akan langsung jatuh tanpa melewati filter tersebut dan langsung menuju kantong kemih, hingga akhirnya mengendap pada ureter hal ini akan mengganggu kinerja ginjal,seperti critas ginjal.
Selain itu minum sambil berdiri akan berdampak pada saraf, yakni reflexsi syaraf yang dilakukan oleh reaksi syaraf kelana, yang tersebar pada lapisan endotel pada usus.

Maka jika itu terjadi akan mengakibatkan seseorang mati mendadak karena hal itu akan menghantarkan detak jantung yang keras dan disfungsinya beberapa syaraf.

Pada saat minum dan makan sambil berdiri otot pada tubuh, semuanya berfungsi dan dalam keadaan tegang.

Sebaliknya ketika duduk semua otot dalam keadaan tenang dan tidak tegang. Nah pada saat itulah makanan dan minuman dapat dicerna dan terkontrol dengan baik.

Menurut islam sendiri selain karena memang anjuran nabi, memang makan sambil minum adalah suatu akhlaq yang baik, budi pekerti yang baik, makan dan minum sambil berdiri seakan tidak menghormati pada yang lain disampingnya.

Lebih-lebih yang disampingnya orang tua dan guru. Kurangnya menikmati atas nikmat allah yang diberikan.

Maka dari itu sudahkah anda seperti diatas? Jika belum maka  mulailah dari sekarang membiasakan hal mubah menjadi pahala dengan harapan dapat dijadikan pengharapan kelak diakhirat. Semoga bermanfaat aamiin.

Apabila dari Tulisan Diatas Ada kekeliruan Ataupun Pemaknaan yang Kurang Tepat kami Admin Memohon Kritikan Dan Masukan yang Sopan dan Membangun. Dan Memohon Untuk Tidak Menaruh Link Aktif.